[Review] Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50

Howdy, everyone! How was your vacation going? Bagi kalian yang kemarin liburan nya berpanas-panas ria, sudah pada pake sunscreen belum? Nah, kalau kalian masih berpikir sunscreen itu gak penting wah kamu salah bueeesar lo ya. Banyak sekali dari kalian yang kadang ngeluh ke aku lewat dm Instagram kalau kulitnya begini begitu, kok sekarang ada flek nya, blackhead ku banyak sekali kak, dan lain-lainnya– lalu pas aku tanya, KAMU GAK PERNAH PAKE SUNSCREEN YAH? dan beneran jawabannya TIDAK. Huhu aku sedih loh, karena percayalah percuma kalian buang-buang uang ke skincare tapi pada akhirnya selalu skip sunscreen. Itu sudah salah besar, karena sunscreen sejatinya adalah salah satu kunci utama pada rangkaian skincare. Ada juga yang pas aku tanya, kenapa kok males pake sunscreen? jawabannya adalah “supaya gak dianggap takut item”. AKU SHOOOK. Pemikiran yang sangat luar biasa kids jaman now.

Please keep in mind, pake sunscreen bukan perkara takut item atau gak ya, tapi untuk investasi jangka panjang sama kulit kalian. Karena kalau bukan kalian yang merawat kulit, siapa lagi coba, ya keleus masa temen kamu lol.

Jadi di post pertama tahun 2018 ini aku ingin membahas tentang sunscreen pertama aku, yang biasanya selalu aku rekomendasikan sama kalian yang sedang cari sunscreen bagus dan ramah dikantong, yaitu Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ .

skinaqua-uvmilk-spf50 (7)

PACKAGING 

Ukuran kemasan Skin Aqua ini menurutku cukup kecil dan handy. Dia juga ada box nya yang bernuansa warna biru, si box tersegal rapi dengan dilem dibagian pembukanya sehingga kalau kalian beli di supermarket-supermarket gitu tidak perlu takut pernah dicobain orang dulu haha. Terdapat penjelasan yang cukup lengkap terlampir di box– mulai dari cara pakai, komposisi, dan penjelasan dari bahan-bahan utamanya.

skinaqua-uvmilk-spf50 (4)

skinaqua-uvmilk-spf50 (9)

skinaqua-uvmilk-spf50 (8)

Bentuk botolnya sendiri, menurutku sih emang ciri khas Skin Aqua banget. Ukurannya memanjang dengan sedikit gembung dibagian tengah dan botolnya berwarna biru juga. Bagian tutupnya seperti segi tiga tumpul dan tidak gampang terbuka. Jadi harus diputar sedikit baru tutupnya terbuka.

skinaqua-uvmilk-spf50 (6)

20180109082731_IMG_7519-01

TEKSTUR / FORMULA

Tekstur si Skin Aqua botol biru ini menurutku agak runny dan sesuai namanya-berwarna putih pekat seperti susu. Karena teksturnya yang tidak terlalu kental tersebut, makanya ketika diaplikasikan ke kulit dia mudah menyerap, maklum ternyata dia juga waterbased formula.

skinaqua-uvmilk-spf50 (5)

Dan yang aku suka lagi dari Skin Aqua ini dia bikin mukaku glowy, jadi kadang aku pake untuk base makeup juga. Dan ternyata memang di salah satu ingredients nya ada Silica, pantes kok bagus-bagus aja kalau buat primer sebelum foundation hehe.

For the record, Skin Aqua botol biru ini memang lebih cocok untuk mereka yang berjenis kulit normal-dry karena mengandung Hyaluronic Acid. Ini juga merupakan salah satu komposisi favorit para dry skin survivor (kayak aku) , so no wonder sunscreen ini memberikan hasil glowy dan lembab ke kulit.

Sunscreen sendiri pada umumnya ada 2 tipe yaitu physicial dan chemical sunscreen. Tapi juga ada sunscreen yang merupakan hybrid, yang artinya dia merupakan campuran dari physical dan chemical. Bagi kalian yang belum tau akan aku jelaskan garis besarnya sedikit ya. Physical sunscreen biasanya mengandung active ingredients seperti Titanium Dioxide dan Zind Dioxide. Cara kerjanya yaitu dengan membelokkan atau memantulkan si UV rays dari kulit kita. Dan biasanya yang tipe physical ini sudah mengandung perlindungan dari UVA dan UVB

Sedangkan, chemical sunscreen mengandung senyawa organik (berbasis karbon) seperti oxybenzone, octinoxate, octisalate dan avobenzone. Cara bekerjanya yaitu dengan membuat sebuah chemical reaction yang kemudian untuk mengubah UV rays menjadi panas, dan melepaskan panas dari kulit kita.

Tentunya kedua tipe sunscreen ini ada kurang lebih nya ya. Bagi kalian yang ingin tau lebih banyak mengenai bedanya bisa baca disini.

Untuk Skin Aqua sendiri, dia merupakan sunscreen tipe hybrid, yaitu campuran antara physical dan chemical karena selain ada kandungan UV absorber (chemical) dia juga dapat memantulkan sinar matahari (Zinc Dioxide).

skinaqua-uvmilk-spf50

 

FINAL THOUGHTS

Tidak heran sebenernya kenapa Skin Aqua ini banyak yang suka. Aku pun juga sudah tau dan mencoba produk ini dari 3 tahun lalu. Yah, ternyata memang betul, formulanya sangat light, tidak lengket, dan mudah menyerap ke kulit.

Salah satu yang harus kalian ingat yaitu, karena Skin Aqua ini juga termasuk chemical sunscreen, ada baiknya untuk ditunggu kurang lebih 20 menit dulu baru beraktivitas di outdoor supaya bekerja lebih maksimal. Dan karena dia juga termasuk physical sunscreen, kalian harus rajin-rajin untuk re-apply tiap beberapa jam sekali, terutama kalau kalian keringatan atau kena air. But, since the packaging is so travel-friendly, tidak ada masalah ya untuk selalu dibawa kemana-mana untuk re-apply sewaktu-waktu.

Untuk yang sensitive sama bau-bauan yang tajam, no worries ya karena Skin Aqua sunscreen ini sama sekali tidak ada wangi-wangiannya.

Oh iya, untuk harganya sangat ramah untuk kantong mahasiswa, terakhir aku beli harganya sekitar Rp 60.000 di salah satu supermarket dekat rumah. Tapi kadang kalau  di Surabaya itu produknya kurang lengkap kalau beli langsung, dan kalau kalian juga malas keluar rumah, produk Skin Aqua dapat kalian beli di NIHONMART . Di Nihonmart produknya lengkap mulai dari macam-macam pilihan sunscreen berdasar SPF dan BB Cream nya juga ada.

Nah, semoga penjelasan singkatku mengenai sunscreen bisa bermanfaat ya dan semoga kalian yang belum pakai sunscreen segera bertobat untuk segera memasukkan sunscreen ke rangkaian skincare hehe. Jangan lupa juga untuk tetep double cleansing ya kalau memakai Skin Aqua sunscreen ini, karena dia juga mengandung Silica yang bisa menyebabkan clogged pores. Intinya rawatlah kulit kalian seawal mungkin.

Thanks for reading xx

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s